Palaruga Teroh Teroh Waterfall - 1 Day

Air Terjun Teroh-Teroh, yang terletak di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, tampaknya menjadi tujuan wisata.

Sebab, selain menantang objek wisata, pelancong juga bisa menikmati kesunyian air sungai, yang sangat menyegarkan dan memanjakan mata.

Jarak lokasi ini, tentu saja, juga tidak begitu jauh dari kota inti Medan. Lokasi tur, sekitar 54 Km atau sekitar 2 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Dari Kota Medan, rute yang dilalui adalah menuju Kota Binjai, hingga akhirnya tiba di Desa Rumah Galuh.

Sesampainya di Desa Galuh, ada beberapa pos wisata yang terletak di sisi kiri jalan. Sudah ada yang menunggu Panduan Pelacakan Alam Rumah Galuh (PETAR), Pelaruga, dan lainnya. “Pengunjung cukup sibuk, terutama pada akhir pekan dan hari libur,” kata salah satu pemandu.

Tetapi sebelum memasuki lokasi hutan, pengunjung harus terlebih dahulu meninggalkan semua barang bawaan mereka, baik tas dan sepatu. Pengunjung hanya disarankan membawa makanan dan ponsel yang akan digunakan untuk mendokumentasikan petualangan yang akan terjadi.

Sebelum memulai perjalanan, setiap wisatawan akan diberi pelampung. Kemudian berjalan melintasi hutan selama sekitar 45 menit, hingga akhirnya tiba di lokasi sungai yang juga disebut kolam abadi. “Lokasi treking cukup menguras dan merangsang Andrenalin,”

Tetapi ketika dia tiba di kolam abadi, semua upayanya akan hilang. Karena pengunjung bisa langsung membayar kepenatannya, dengan mandi di air sebening kristal sungai, sambil berfoto. “Airnya sangat jernih, bahkan kita bisa mengambil foto dari air,”

Sampai di sini, petualangan belum berakhir. Karena wisatawan akan diajak melakukan body rafting dengan menelusuri aliran sungai.

Perjalanan melalui body rafting memakan waktu sekitar 30 menit (tergantung pada kecepatan kelompok). Di sini pengunjung dapat berenang ketika mereka melalui aliran air yang tenang, tetapi kadang-kadang harus memanjat dari tepi batu curam melalui aliran air deras.

Arung jeram ini lagi-lagi harus menguras. Namun, sekali lagi keletihan akan terbayarkan ketika wisatawan tiba di air terjun Teroh-Teroh. Air terjunnya memang tidak terlalu tinggi. Tapi itu sangat menyenangkan untuk dinikmati,

Puas sekali lagi mandi di bawah guyuran air terjun, pengunjung kemudian akan kembali ke pondok wisata pos. Namun dari sini, perjalanannya tidak terlalu menyita waktu, hanya sekitar 15-20 menit berjalan kaki lagi.

Bukit Lawang
Bahorok, Langkat, Sumatera Utara 20774

Hubungi
Washapp: +6281273761493
Email: infosumatraexplore@gmail.com 
Instagram: @sumatraexplore

Day 1
The first day

Pelaruga (Pemandu Alam Rumah Galuh) is the tourism object that become favorite destination for foreign tourist. There are three spot tourism that will be visited, those are; Lau Berte Waterfall, Teroh-Teroh Waterfall and Kolam Abadi. In accordance with its name Pelaruga. You will be invited to explore through the natural forests that are still well preserved. The natural beauty of exotic blends match with the atmosphere so fun. Pelaruga is located in Rumah Galuh Village, Binjai District, Langkat Regency. But the locals community more usually called Desa Rumah Galoh. Access to get Pelaruga is easy to reach. Only take for about three hours from Medan city. Medan – Binjai – Namu Ukur – Desa Rumah Galoh

  • Transport
  • Toiled
  • Life Jacket
  • Local Guide

Trip Facts

  • 3 Orang
  • 6 Orang
  • / Orang